Halaman

Jumat, 27 April 2012

Fungsi "IF"


Fungsi logika IF

   Logika adalah pengetahuan tentang kaidah berpikir, jalan pikir yang masuk akal. Brr...trus apa hubungannya dengan belajar excel? Apa harus mikir2 dulu yah sebelum pake Excel, atau excel dipake buat mikir? 

Dari pada kebanyakan mikir, mending langsung praktik. Logika di sini maksudnya salah satu fungsi yang ada pada Excel. Fungsi tersebut dituliskan dengan "IF". Nah, lalu IF itu apa? untuk apa? jadi IF dipake untuk mikir yah? Ahh... kok mikirnya malah kejauhan.


If adalah fungsi logika untuk memilih satu dari dua nilai berdasar pengujian logika. Secara sederhana, contoh penggunaan IF dapat kita lihat dalam hasil ujian yang menyatakan “lulus” atau “tidak lulus”. Misalnya, nilai standar kelulusan TIK adalah 75. Jadi apabila siswa mendapatkan nilai 75 ke atas maka dinyatakan lulus. Sebaliknya, di bawah 75 maka dinyatakan tidak lulus (tidak dijelaskan juga sudah ngerti kan?). Bentuk penulisan rumusnya; =IF(UjiLogika;nilaiJikaBenar;NilaiJikaSalah).
 
Ok! sekarang kita dapat lihat contoh penggunaan fungsi if pada tabel bawah ini.
 
Hasilnya seperti gambar di bawah ini:
 
Untuk mendapatkan keterangan dari data pada kolom C5 sampai dengan C9, maka penulisan rumusnya adalah =IF(C9>=75,”LULUS”,”TIDAK LULUS”).

Jadi, sudah ngerti kan IF itu apa, untuk apa? Mudah kan? jadi ngapain ngecek atu-atu klo bisa dicek dgn otomatis . . .

Bersambung ke Hlookup & Vlookup

Tidak ada komentar: