Halaman

Selasa, 18 September 2012

Sejarah Perkembangan Komunikasi








Perkembangan komunikasi dapat dibedakan menjadi dua kelompok. Periode zaman kuno dan Zaman modern. yuuk .... ditelusuri sedikit sejarahnya ^_^


a.       Periode sebelum masehi
Komunikasi pada periode ini dibedakan menjadi dua, yaitu periode sampai dengan 3000 SM dan periode sesudahnya.

1)      Periode sampai dengan 3000 SM. Untuk berkomunikasi langsung dengan manusia yang lain, mereka masih menggunakan bahasa dengusan, menggambar kejadian yang terjadi di gua, bahasa isyarat, dan gerakan tangan.




 2)      Periode 3000 SM
Piktograf

Setelah periode 3000 SM bangsa Sumeria untuk pertama kalinya menggunakan tulisan untuk berkomunikasi. Huruf yang mereka gunakan disebut piktograf berupa simbol-simbol. 






  

3) Pada periode 2900 SM,
 
 bangsa Mesir Kuno menggunakan huruf-huruf hieroglif. Suatu sistem penulisan dengan menggunakan ikon-ikon simbol untuk mengkomunikasikan pesan. 









 4) Periode 500 SM
Bangsa Mesir Kuno mengembangkan serat papyrus sebagai kertas. Papyrus dibuat dari serat dari pohon papyrus yang terdapat di sungi nil.

  
b.      Periode setelah masehi (zaman modern)
Perkembangan komunikasi setelah masehi terus mengalami peningkatan. Hal tersebut ditandai dengan ditemukannya alat-alat komunikasi yang sangat menunjang. Seperti telegraf, kemudian telepon, radio, televisi, dll.
Teknologi Komunikasi Sekarang

Tidak ada komentar: